Pages

Ads 468x60px

Siang Hari di Fakultas

Kamis, 16 Februari 2012, saya bertemu seorang teman di gedung fakultas. Sebut saja namanya Achi. Saat itu, dia sedang menunggu dosen untuk bimbingan skripsinya. Sebenarnya, meski dia seangkatan dan sejurusan dengan saya, namun pada dasarnya kami tidak terlalu dekat. Kalau bertemu pun paling hanya saling sapa sebagai bentuk basa-basi, atau bahkan hanya sekadar saling memberikan senyuman tanpa kata-kata.

Itu pula yang saya lakukan pada hari tersebut. Saat dia menunggu di kursi dekat ruangan tata usaha, saya menyapanya hanya untuk formalitas dan basa-basi. Namun, saya tak pernah menyangka, percakapan singkat tersebut nantinya akan memberikan sebuah dampak yang cukup signifikan.

Saya: “Hai. Lagi apa, Chi?”
Achi: “Hai juga. Lagi nunggu dosen nih. Mau bimbingan.”
Saya: “Emang belum beres? Udah bab berapa?”
Achi: “Bab tiga.”
Saya: “Bab tiga? Dikit lagi tuh. Bisa sidang bulan ini dong?”
Achi: “Nggak deh kayaknya. Dosen pembimbingnya sulit. Dia pasti nggak bakal ngizinin Achi sidang bulan ini. Tiap bimbingan aja dimarahin terus.”
Saya: “Emang siapa dosen pembimbingnya?”
Achi: “Pak XYZ.”
Saya: “Loh, berarti pembimbing kamu sama kayak Si Momod (nama teman sekelas saya) dong?”
Achi: “Iya.”
Saya: “Kalo gitu, kamu ajuin aja ama bapaknya biar bisa sidang bulan ini. Pasti bisa kok. Si Momod aja bisa. Tau nggak, dia tuh sama kayak kamu, skripsi baru nyampe bab tiga. Bedanya, si Pak XYZ udah nge-ACC skripsinya. Jadi dia tinggal beresin aja sampe bab terakhir, terus daftar deh.”
Achi: “Loh, kok bisa gitu?”
Saya: “Ya tinggal ngomong aja kali ama si bapaknya. Kamu juga coba aja. Nanti setelah bimbingan, kamu langsung kebut aja bikin skripsinya sampe beres. Pendaftaran terakhir kan Senin, jadi masih ada waktu tiga hari. Nah, tar Senin pagi, kamu bimbingan lagi sekalian ngajuin buat sidang.”
Achi: “Tapi gimana nanti cara ngomong ke si bapaknya?”
Saya: “Chi, kita tuh anak komunikasi. Masa iya anak komunikasi nggak bisa ngomong secara efektif?”
Achi: “Oh, iya deh. Achi bakal coba.”
Saya: “Sip, coba aja. Toh nggak bakal rugi, daripada kamu pesimis duluan. Sayang loh, kamu kan masih punya kesempatan. Daripada harus wisuda semester depan, mending usahain aja dulu.”

***

Senin, 20 Februari 2012, saat saya sedang menyerahkan persyaratan sidang ke bagian tata usaha fakultas, saya kembali bertemu Achi...

Saya: “Daftar sidang sekarang, Chi?”
Achi: “Iya. Untung kemarin-kemarin ketemu kamu. Saya turutin sarannya. Saya ngebut ngerjain skripsi sampe beres, terus nyoba ngomong ama si bapak. Sekarang udah di-ACC, tinggal daftar.”
Saya: “Sip lah kalo gitu...”

***

Ada satu hal yang tidak Achi ketahui, yaitu, saya berbohong soal Momod yang udah di-ACC pembimbing sebelum bab 3-nya beres. Yah, faktanya memang tidak seperti itu. Tapi sejujurnya, saya tidak menyesal sudah berbohong seperti itu. Setidaknya, berkat kebohongan tersebut, teman saya jadi bisa menemukan optimisme. Dari yang sebelumnya merasa yakin tidak akan mampu, menjadi yakin pasti mampu.