Pages

Ads 468x60px

Teknologi Bikin Malas?

Ada hal menarik yang saya alami beberapa waktu lalu. Pagi itu, saya menghentikan motor (buat nyalain rokok) di depan sebuah rumah dekat SMA swasta yang cukup terkenal di Kota Bandung. Sambil menyalakan rokok, saya memperhatikan anak-anak SMA yang berlalu-lalang di depan sekolah mereka. Suasananya cukup ramai, karena saat itu jam 06.48 WHS (Waktu Handphone Saya), sebentar lagi waktunya mereka masuk.

Saat sedang asyik ngeceng, tiba-tiba sebuah mobil menyalakan klakson kepada saya. Mobil tersebut keluar dari rumah di mana saya nongkrong di depannya. Sambil sedikit memajukan motor, saya melirik  pada pengendara mobil tersebut. Seorang cewek berseragam sekolah.

Saya (dalam hati): “Anak sekolah zaman sekarang pada gaya. Ke sekolah aja bawa mobil...”

Saya terus memerhatikan mobil itu hingga akhirnya... mobil tersebut masuk ke SMA swasta yang tadi saya sebutkan.

Saya (masih dalam hati): “WTF, jarak rumah ini ama sekolahan di depan kan cuma selang tiga bangunan, kok pake mobil segala?”

Penasaran, maka saya pun mencoba bertanya pada penjaga kios yang ada di depan sekolah tersebut.

Saya: “Pak, boleh nanya? Itu, yang tadi bawa mobil Avanza murid sekolah ini?”
Penjaga Kios: “Oh, yang barusan lewat?”
Saya: “Iya...”
Penjaga Kios: “Oh, Si Eneng itu emang murid sekolah ini. Emang kenapa, Mas?”
Saya: “Nggak apa-apa, cuma aneh aja. Jarak dari rumah ke sekolahnya kan deket banget. Jalan kaki juga paling cuma semenit. Kok pake mobil segala yah?”
Penjaga Kios: “Oh itu. Emang sih, Eneng itu anak manja dan rada sombong. Makanya cuma buat ke sekolah aja harus bawa mobil. Saya juga awalnya aneh. Tapi karena udah sering liat, ya jadi biasa.”

Ya Tuhan, ternyata teknologi sering bikin orang jadi malas. Saat ini, jalan kaki ke sekolah saja (yang jaraknya paling hanya 20 meter) harus pake mobil!