Pages

Ads 468x60px

Orang Miskin Dilarang Bikin Skrips(h)i(t) - Bagian 2

Banyak di antara teman saya sering mengeluh tentang mahalnya biaya pembuatan skripsi. Mahal, bukan saja karena biaya print atau semacamnya, namun juga karena biaya bimbingannya. Biasanya, ini gara-gara mereka kurang beruntung, karena mendapatkan dosen pembimbing yang “luar biasa”. “Luar biasa”, karena untuk beli rokok saja harus minta kepada mahasiswa.

Teman: “Ki, sebel banget deh gue ama dosen pembimbing. Masa tiap kali bimbingan, gue harus ngeluarin duit buat beliin dia macem-macem.”
Saya: “Beliin macem-macem gimana maksudnya?”
Teman: “Yah, kayak beliin rokok atau nraktir makan. Jadi sekali bimbingan tuh bisa keluar sekitar 10 sampe 20 ribu. Mending kalo gue tuh mahasiswa kaya, lah ini buat biaya hidup sendiri aja udah ngos-ngosan.”

Sialnya, ternyata fenomena dosen “luar biasa” ini tidak sedikit. Jumlahnya malah tidak terhitung. Saking banyaknya, sehingga banyak pihak yang memakluminya. Fenomena ini sudah jadi budaya. Saya sempat bertanya kepada Ketua Jurusan saya terkait fenomena ini.

Kajur: “Mau bagaimana lagi. Emang sih fenomena kayak gini tuh nggak bener, tapi masalahnya, sistemnya juga yang seakan memberi jalan.”
Saya: “Emang sistemnya kayak gimana, Pak?”
Kajur: “Sistem penggajiannya kacau. Kamu tau berapa honor seorang dosen pembimbing? Cuma 40 ribu rupiah.”
Saya: “40 ribu? Itu dari mulai turunnya SK sampe kita sidang? Jadi kalo misalnya mahasiswa bimbingannya lama, tarohlah enam bulan, honornya tetep 40 ribu?”
Kajur: “Iya.”
Saya: “Kok dikit sih, Pak?”
Kajur: “Alokasi dari pihak atasnya emang cuma segitu. Makanya, banyak dosen pembimbing yang akhirnya membebankan semuanya ke mahasiswa.”

Tidak hanya kepada Kajur, saya pun mempermasalahkan ini kepada Sekretaris Program Studi. Dia masih muda, hanya beda sembilan tahun dengan saya, jadi saya merasa bakal lebih enak ngobrolnya. Saat ini, dia berstatus mahasiswa S2 di kampus tetangga.

Sekretaris Prodi: “Kamu ama anak-anak lain masih mending, Ki. Bimbingan di kampus tetangga kita malah lebih parah.”
Saya: “Lebih parah gimana, Bang?” (Saya manggilnya emang ‘Abang’)
Sekretaris Prodi: “Contohnya saya, tau nggak kenapa saya nggak lulus-lulus S2-nya?”
Saya: “Emang kenapa?”
Sekretaris Prodi: “Saya nggak punya duit baut bimbingan tesis ke dosen. Bayangin aja, dosennya tuh pengen ketemuan di restoran menengah ke atas melulu tiap bimbingan. Yang bayar tentu saya, sebagai mahasiswanya. Nah, masalahnya, mending kalo saya cuma nraktir dia doang. Lah, ini tiap bimbingan, dia selalu bawa pasukan.”
Saya: “Gile, parah tuh dosen. Terus, abis berapa tuh sekali bimbingan?”
Sekretaris Prodi: “Minimal 500 ribu. Pernah juga sampe hampir sejuta.”
Saya: “Buseeet!”
Sekretaris Prodi: “Makanya saya jadi jarang banget bimbingan. Nggak ada duit. Gaji sebagai dosen kan pas-pasan buat ngehidupin anak ama istri. Ujung-ujungnya, saya jadi nggak lulus-lulus.”
Saya: “ Ya udahlah, Bang. Mau gimana lagi. Seenggaknya, Abang masih punya teman senasib kayak saya. Saya juga kan nggak lulus-lulus.”
Sekretaris Prodi:

Karena masih penasaran, saya lalu bertanya ke teman yang juga mahasiswa di kampus tetangga kayak Sekretaris Prodi saya (bedanya, teman saya itu masih S1). Yah, kondisi antara S1 ama S2 kan biasanya beda.

Teman (langsung kaget setelah denger cerita saya): “Gile!”
Saya: “Wah, reaksi lu sampe segitunya. Lu nggak ngalamin kayak di kampus gue yah? Keren, berarti di kampus lu nggak ada yang kayak gitu?”
Teman: “Bukan, maksud gue bilang ‘gile’ tuh bukan karena di kampus gue nggak ada. Tapi gue kaget banget, kok di kampus lu murah amat sih biaya ‘nyogoknya’?”
Saya: “Lah, kirain kaget karena di kampus lu nggak ada yang kayak gitu. Emang lu keluar duit berapa tiap bimbingan?”
Teman: “Sekitar 100 sampe 200 ribu.”
Saya: “Buset, buat apaan tuh? Jangan-jangan lu kayak Sekretaris Prodi gue, yang harus bayarin makan dosen pembimbing ama pasukannya di retoran mahal?”
Teman: “Nggak juga. Bimbingannya emang di restoran mahal, tapi  dia nggak pernah bawa pasukan kok.”
Saya: “Lah, terus kenapa sampe bisa segede itu biayanya?”
Teman: “Masalahnya... dia juga minta ongkos transport ke gue. Ongkos itulah yang bikin biayanya jadi gede.”
Saya: “Udah minta traktir, minta ongkos juga?Dosen macam apa tuh?”