Pages

Ads 468x60px

Antara Fungsi dan Gengsi

Apa perbedaan antara orang miskin dengan orang “kaya”? Jawabannya, orang miskin ngantri buat dapet sembako murah atau gratis. Sedangkan orang “kaya” ngantri buat dapet BlackBerry (BB) yang didiskon 50%.

Lalu, apa persamaan antara orang miskin dengan orang “kaya”? Jawabannya, ngantrinya sama-sama sampe rela desek-desekan. Sama-sama berujung ricuh pula. Pada akhirnya, ada yang cidera.

Selanjutnya, apa perbedaan (yang kedua) antara orang miskin dengan orang “kaya”? Jawabannya, orang miskin rela desek-desekan pas ngantri demi makanan. Demi menyambung hidup. Sedangkan orang “kaya” rela desek-desekan hanya demi gengsi.

***

Ngomong-ngomong, kenapa yah dari tadi saya nulis kata “kaya” selalu pake tanda kutip? Hmmm... masalahnya, orang “kaya” yang saya maksud di sini adalah orang yang “kekayaannya nanggung” atau bahkan “maksa biar disebut kaya”.

Kenapa begitu? Masalahnya, mana ada orang yang bener-bener kaya sampe rela desek-desekan cuma biar dapet BB diskon? Saya yakin kok, mereka mampu membeli barang non-diskon, sehingga nggak perlu desek-desekan gitu.

Karena itu, saya jadi tergoda untuk membuat analisis, siapa sebenarnya orang-orang “kaya” yang rela desek-desekan itu. Ada beberapa kemungkinan:

Pertama, tukang ronda. Alasannya, karena sampe rela ngantri dari jam 12 malam. Mungkin dia takut BB diskon itu keburu digondol maling, jadi sengaja ngeronda di depan tokonya.

Kedua, orang yang gadaikan surat rumah demi BB. Masalahnya, ada orang yang sampe ngamuk kayak gini cuma gara-gara nggak kebagian BB diskon tersebut (dikutip dari Okezone):

Orang yang ngamuk (sambil nangis): “Ini gue udah ngantri dari tadi, ini gimana kalau udah begini, gue udah kegencet-gencet tapi enggak dapet. BlackBerry enggak becus, Itu panitia bulenya mana, hadepin gue. Kayak gue enggak bayar saja. Seenaknya ditutup, gue sudah basah, kotor kayak gembel gini, malah disuruh pulang. Bilang kek dari tadi. Ayo kita tuntut ramai-ramai, kita bawa saja ke LBH.”

Nah, dilihat dari amukannya yang level advance, maka analisis saya soal dia gadaikan surat rumah demi BB memang memungkinkan.

Ketiga, orang bego yang salah milih investasi. Kalo yang ini, karena dia rela patah tulang demi BB diskon. Harga BB yang didiskon hari itu (Bellagio 9790) kan Rp2.295.000, dari yang asalnya Rp4.699.900. Jadi, diskonnya tuh sebesar Rp2.404.900. Okelah, keliatannya untung. Tapi, kalo udah patah tulang gitu, biaya yang dikeluarin bakal lebih gede dari keuntungan itu kan? Inilah yang saya maksud investasi yang buruk.

Keempat, psikopat. Alasannya, karena hanya demi BB, sampe bikin orang lain patah tulang. Asli stress, bisa sampe segininya yah?

Duh, hanya demi gengsi, orang-orang sampe rela sebegitunya. Kalo saya sih nggak bakalan mau. Lagipula, emang gengsi itu lebih penting ketimbang fungsi yah? Saya jadi ingat percakapan dengan teman, beberapa waktu lalu...

Saya: “Wah, BB baru nih?”
Teman 1: “Iya, baru beli kemarin. Keren nggak?”
Saya: “Keren. Beli berapa?”
Teman 1: “Harganya 2,6 juta.”
Saya: “Gile. Kalo gue sih bakal sayang banget duit segede itu cuma dibeliin BB.”
Teman 1: “Hehehe, gue ngidam banget sih ama ni BB sejak dulu. Lagian kan zaman sekarang tuh bakal dianggap keren kalo punya BB. Eh, ngomong-ngomong, minta pulsa dong, Ki!”
Saya (sambil nyerahin HP): “Ceilah, beli BB yang mahal sanggup, tapi cuma beli pulsa doang nggak bisa! Terus buat apa tuh BB? Pajangan? Makan tuh keren! Tapi ya udah deh, nih!”
Teman 1: “Gimana lagi. Duit gue semuanya abis buat beli ni barang, jadi ga nyisa buat beli pulsa.”
Saya:
Teman 2: “Ah, dasar payah lu. HP doang bagus, pulsanya kagak ada!”
Teman 1: “Biarin. Gue tau, lu juga tadi minta pulsa ama si Fikri, kan? Berarti mending gue, HP bagus tapi nggak ada pulsa. Daripada lu, udah HP jelek, pulsa sama-sama nggak ada pula.”
Teman 2:
Saya:

***

Terkait fungsi yang lebih penting ketimbang gengsi ini, mungkin pengalaman saya dan sahabat saya saat SMA dulu bisa dijadikan contoh. Saat itu, kami patungan buat beli HP tipe CDMA. Meski sebenarnya kami sudah punya HP (yang GSM), namun kami merasa perlu HP baru yang berfungsi buat nelpon pacar masing-masing (nelpon pake CDMA kan jauh lebih murah, jadi bisa lama). Nah, tapi karena nggak punya duit kalo beli sendiri, maka kami pun patungan. Saya patungan 60% dari harga, sedangkan sahabat saya 40%.

Karena kami hidup di pesantren (asrama), maka pembagian jatah siapa yang pegang HP-nya jadi lebih gampang. Siapa yang mau make, dia yang pegang. Tapi kalo ternyata bentrok, karena sama-sama mau make, maka ditentukan dengan cara suit. Maka kami pun beli HP CDMA itu.

Sayangnya, HP tersebut hanya bertahan beberapa bulan. Suatu hari, kami sepakat menjualnya. Alasannya sangat keren. Jadi gini... sore itu ada tukang bakso tahu yang dagang di depan asrama kami...

Saya: “Aduh, gue pengen bakso tahu...”
Sahabat: “Sama. Lu punya duit nggak? Beli gih, entar gue minta.”
Saya: “Justru itu, gue sama sekali nggak punya duit. Lu punya nggak? Lu aja deh yang beli.”
Sahabat: “Masalahnya, gue juga lagi miskin total.”
Saya: “Masa harus pinjem duit ke anak-anak? Males ah kalo harus ngutang.”
Sahabat: “Iya, males.”

Kami pun berpikir dengan keras, bagaimana caranya dapet duit dengan cepat. Hingga tiba-tiba, terlintas sebuah ide di otak saya.

Saya: “Eh, gimana kalo kita jual aja itu HP CDMA? Kemarin-kemarin kan si X sempet nawar tuh HP.”
Sahabat: “Hmmm... tapi gimana kalo nanti kita butuh buat nelpon?”
Saya: “Gampang. Si X kan nggak bakal ke mana-mana. Toh dia tinggal di asrama sebelah. Nanti pinjem aja ke dia kalo kita mau nelpon.”
Sahabat: “Oh iya, bener. Ayo deh kita jual...”

Maka HP hasil patungan itu pun dijual ke teman kami. Transaksinya hanya berlangsung 10 menit, dan uang hasil penjualannya kami belikan bakso tahu. Intinya, sebagus apa pun gadget yang kamu miliki, itu nggak bakal bikin kenyang perut kamu. Percayalah, sepiring bakso tahu jauh lebih penting ketimbang gadget semahal apa pun juga.