Pages

Ads 468x60px

Orang Miskin Dilarang Bikin Skrips(h)i(t)

Wah, udah berapa lama yah saya nggak blogging? Dua hari kalo nggak salah. Lama juga. Ini semua gara-gara skripsi. Waktu buat blogging jadi terbatas. Halah...

Masa-masa bimbingan skripsi emang masa yang paling nggak enak. Nggak enak, karena selain menghabiskan energi dan waktu, uang juga ikut-ikutan terkuras. Apalagi kalo dosennya banyak tingkah, beneran makan ati...

Seperti pengalaman teman saya saat dia mau menagih Surat Keputusan (SK) dari dekan tentang siapa dosen pembimbing skripsinya. Dia merasa dipersulit oleh bagian tata usaha (TU) di fakultasnya. Sehingga, meski sudah tiga minggu mengurus pembuatannya, itu SK belum jadi juga.

Teman yang Ngurus SK (TSK): “Gile, ngurus SK lama amat. Udah tiga minggu, belum jadi juga.”
Senior yang Pengalaman Ngurus SK (SPS): “Lu nggak tau taktiknya sih. Kayak gue dong pas dulu ngurus SK. Seminggu aja udah jadi.”
TSK: “Seminggu? Cepet amat! Emang gimana taktiknya?”
SPS: “Bujuk itu staff TU-nya buat cepet-cepet. Tapi ada sogokannya juga sih, sebungkus rokok 789.”
TSK: “Beneran? Wah,  gue coba ah. Eh, tapi gue kan nggak punya duit. Ada sih 20 ribu, tapi ini buat biaya makan sampe tar hari Minggu.”
SPS: “Lo mau cepet, kan? Kalo iya, berkorban dikit kan nggak apa-apa.”
TSK: “Oh, ya udah deh. Gue beli rokoknya sekarang, terus langsung menghadap.”
SPS: “Sip...”

Sekitar setengah jam kemudian, TSK menghampiri lagi SPS yang sedang nongkrong depan fakultas. Sepertinya dia sudah menerapkan taktik dari SPS. Namun anehnya, wajah TSK nampak sangat nelangsa, seperti yang baru melewati penderitaan panjang (ceilah, bahasanya).

SPS: “Kenapa lu? Muka ditekuk gitu. Taktik dari gue udah lu terapin kan? Pasti sukses dong?”
TSK: “Lu beneran dulu nyogok pake rokok 789?”
SPS: “Iya, kenapa gitu?”
TSK: “Itu berhasil?”
SPS: “Sukses berat malah. Si bapak yang ngurus itu SK kan emang mintanya rokok 789.”
TSK: “Loh, kok ‘bapak’?”
SPS: “Lah, yang ngurus itu SK kan Pak XYZ.”
TSK: “Emang lu ngurus SK tuh kapan?”
SPS: “Setaun lalu.”
TSK: “Aaaaaaaaaaaaaaargh! Pantesan! Sekarang tuh yang ngurus SK-nya ganti tau, jadi Ibu PQR! Dia mana mau disogok pake rokok!”
SPS (cengengesan): “Masa? Oh, sori deh kalo gitu. Hehehe...”
TSK: “Sial, duit gue sekarang udah abis, sementara nyogoknya gagal. Tidaaaaaaak, tar gue sampe hari Minggu makan apa?Masa ni rokok harus dimakan?”