Pages

Ads 468x60px

Pengemis Zaman Sekarang (Bagian Pertama)

Suatu hari, di halaman Mesjid Raya Bandung, dua orang anak SMA sedang bercakap-cakap...

Cewek SMA 1 (CS1): “Kamu nggak jadi beli HP baru?”
Cewek SMA 2 (CS2): “Iya, nggak jadi!”
CS1: “Kenapa? Bukannya tadi kamu ke BEC (Bandung Electronic Centre)? Kirain mau beli HP baru...”
CS2 (menghela nafas): “Hhhh, duit gue ternyata masih kurang. Kepaksa tetep pake dulu HP ini deh..” (sambil liatin HP jadulnya)
CS2: “Ckckckck, sabar yah...”
CS2 (tersenyum): “Iya. Gue sekarang mau nerusin nabung dulu sampe duitnya cukup. Tar baru deh beli HP baru...”
CS1: “Sip... semangat yah!”

Saat sedang asyik mengobrol, seorang ibu yang sedang memangku bayi mendekati mereka. Umurnya sekitar 50 tahun, wajahnya memelas, pakaiannya lusuh. Rupanya ibu itu seorang pengemis.

Ibu Pengemis (IP): “Minta sedekahnya, Neng... kasihan anak saya belum makan dari pagi.”
CS2: “Ya ampun, kasihan banget.”
CS1: “Iya... ini buat Ibu, beliin makanan buat anaknya yah.”

CS1 dan CS2 pun memberikan uang kepada ibu tersebut, masing-masing selembar lima ribuan. Mereka iba melihat kondisi si bayi, yang tampaknya tidur dalam keadaan lapar. Si Ibu lalu mengucapkan terima kasih, dan segera pergi dari sana.

Baru saja ibu itu berjalan beberapa langkah, tiba-tiba terdengar bunyi ringtone HP. Ternyata itu yang bunyi adalah HP Si Ibu pengemis tadi.

IP: “Halo, Jeng? Neleponnya nanti aja yah? Gue lagi kerja nih!”

CS1 dan CS2 kaget melihat pemandangan tersebut. Ibu itu, yang kata dia anaknya belum makan dari pagi, ternyata punya HP. Bahkan, HP-nya jauh lebih bagus dari milik mereka.

CS1 (memekik): “Anjrit, ibu itu ternyata punya HP!”
CS2 (kesal): “Malah, HP-nya tuh HP yang gue idam-idamkan selama ini! Tapi belum bisa kebeli gara-gara duit gue kurang!”