Pages

Ads 468x60px

Amnesia Budaya Sendiri

X: “Eh, anterin gue buat nyari kain, yuk?”
Y: “Ke mana? Emang lu mau beli kain buat apaan?”
X: “Buat costplay nih. Di sini kan jarang banget yang jual baju kayak gitu, jadi harus jait sendiri.”
Y: “Oh, mau ikut costplay? Keren banget. Mau nampilin siapa?”
X: “Mau tampil jadi XXX dari anime YYY.”
Saya nggak bisa nangkap percakapan selanjutnya, karena kayaknya dilakukan dengan memakai bahasa alien. Jadi, langsung aja ke intinya.

Saya: “Emang di mana sih ada acara costplay? Kapan?”
X: “Di mall XYZ, hari Sabtu sekarang.”
Saya: “Loh, kalo nggak salah, di sana juga ada festival budaya Sunda pas hari Minggunya. Dateng yuk?”
X: “Nggak ah!”
Saya: “Kok nggak mau? Padahal kayaknya asik tuh.”
X: “Acara festival adat gitu kan kampungan. Males banget ikutannya juga.”
Saya:

***

A: “Wah, katanya boyband XYZ mau datang ke Indonesia. Kereen! Harus cepet-cepet beli tiket nih sebelum keabisan. Jadi nggak sabar buat nonton.”
B: “Iyaaa... iih, gue juga nggak sabar! Pengen cepet-cepet liat wajah-wajah ganteng mereka secara langsung!”
A: “Iya, iya. Bener tuh. Kamu udah pesen tiketnya? Kalo belum, bareng yuk?”
B: “Ayo deh. Berapa sih harganya? 200 ribu yah?”
A: “Iya,  200 ribu.”
Saya: “Mahal amat sih cuma buat nonton gituan.”
B: “Mereka kan selebritis internasional, jadi wajar kalo tiketnya mahal.”
Saya: “Mending nonton pagelaran wayang golek, yuk? Rame loh, lucu. Gratis pula.”
A: “Apa? Wayang? Nggak zaman banget sih!”
B: “Iya, kampungan amat!”
Saya:

***

Kemarin, saya memperhatikan dua orang teman yang sedang asik berdiskusi tentang sejarah dan budaya Jepang. Diskusi yang menarik, karena sepertinya mereka benar-benar ahli soal hal itu. Saya yakin, mereka bahkan lebih hebat dari sejarawan dan budayawan asli Jepangnya sendiri.

Karena penasaran akan suatu hal, sehabis diskusi, saya pun mendatangi salah seorang di antaranya. Sebut saja dia A (kalo saya bilang, ‘sebut saja dia Melati, takutnya dia nanti malah disangka sebagai korban perkosaan).

Saya: “Eh, A. Gue pengen nanya beberapa hal dong.”
A: “Nanya apaan, Ki?”
Saya: “Lu tau nggak, siapa itu Putri Dyah Pitaloka?”
A: “Nggak tau. Emang dia siapa?”
Saya: “Terus, tau nggak apa itu karinding?”
A: “Nggak tau juga. Emang kenapa sih?”
Saya: “Kalo Hari Batik Nasional, tau nggak?”
A: “Iih, apa sih maksudnya nanya-nanya hal yang nggak gue tau gitu? Nyebelin banget!”
Saya: “Bukannya apa-apa. Dari tadi lu terus-terusan ngomongin sejarah dan budaya dari negara orang lain. Dari yang gue perhatiin, lu kayaknya tau banget soal gituan. Masalahnya, lu kok malah nggak ngerti soal budaya dari negeri sendiri yah? Itu pertanyaan-pertanyaan gue tadi kan berhubungan ama sejarah dan budaya asli Indonesia. Emangnya budaya asing itu lebih penting dari sejarah dan budaya kita sendiri yah?”
A:

***

Saya sih nggak ngelarang orang lain buat suka ama budaya asing. Tapi, masalahnya, keterlaluan aja kalo sampe lupa (apalagi sampe meremehkan dan menganggap kampungan) budaya kita sendiri.