Pages

Ads 468x60px

Makan Daun

Gara-gara liat gambar di atas di FYM, saya jadi terinspirasi buat bikin tulisan ini…

Gambar di atas menerangkan mahasiswa yang nggak jadi makan enak karena duitnya cuma nyisa 100 ribu buat sebulan. Akhirnya, dia milih makan di warteg. Itu tragis? Jawaban saya: nggak. Kenapa? Karena saya pernah ngalamin hal yang jauh lebih tragis. Gini ceritanya…

Sebenernya, saya adalah mahasiswa rumahan (nggak ngekost). Tapi karena jarak antara rumah dengan kampus sangat nanggung (dibilang jauh nggak, dibilang deket juga nggak), jadi saya sering nginep di kampus (di sekretariat organisasi) atau di kost-an temen. Acara nginep di luar rumah ini bisa sampai berminggu-minggu, bahkan nyaris berbulan-bulan. Jadi serasa anak kost beneran. Bedanya, saya ngekost gratisan. Hehehe.

Males di jalan sih. Bayangin aja, masa tiap hari saya harus bolak-balik rumah-kampus? Padahal jaraknya sekitar 20 KM sebalik. Bolak-balik berarti 40 KM. Ogah banget…
Nah, ini kejadian saat saya nginep di kost (tepatnya, kontrakan) temen. Hari itu, saya bener-bener dalam keadaan miskin total. Jangankan 100 ribu rupiah seperti gambar di atas, 100 perak pun nggak ada. Sialnya, temen-temen saya juga dalam keadaan sama persis. Sama-sama miskin. Sama-sama kelaparan. Aneh banget, itu kontrakan isinya delapan orang, tapi kere semua (termasuk tamu yang ikut numpang)

Sekitar pukul dua siang, rasa lapar menyentuh titik tertinggi. Saya dan penghuni para penghuni kontrakan hanya mampu menatap nasi yang baru dimasak (untunglah, jika hanya soal nasi, kami tidak perlu terlalu repot karena memang ada persediaan). Tidak ada lauk-pauk sedikit pun. Makan hanya nasi doank, bakal bikin eneg. Makan pake penyedap rasa macam Ma**ko, bosen, udah terlalu sering. Lagipula, katanya penyedap rasa bakal berefek pada turunnya kinerja otak. Karena itu, kami nggak rela otak yang udah dari sananya pas-pasan, harus makin anjlok kinerjanya.

Pada saat itulah, tiba-tiba muncul penyelamat (dia cewek). Dia penghuni kontrakan di lantai bawah (rumah kontrakan itu emang terbagi jadi dua bagian, lantai atas dan bawah. Penghuni lantai atas dan bawah jarang berkomunikasi). Tumben, dia membawakan kami lauk untuk makan! Betapa bahagianya…

Kami pun makan dengan lahap, meski hanya dengan nasi dan entah sayur apa itu namanya.
Saya (sambil mengunyah dengan sangat bernafsu karena kelaparan): “Ini sayur apaan sih?”
Si Penyelamat: “Udah, makan aja dulu. Hehehehe…”
Teman Saya 1 (sama, sambil ngunyah dengan nafsu): “Enak, tapi kok rada pait yah?”
Si Penyelamat (tawanya jadi mencurigakan): “Hohoho…”
Teman Saya 2 (dengan nggak ada kerjaannya, ngeliatin bentuk sayur): “Bentuknya juga aneh. Ini sayur apaan?”
Si Penyelamat: “Sebenernya…”
Semua (penasaran dengan sayur yang aneh): “Sebenernya apa?”
Si Penyelamat: “Sebenernya… emm… emm…”
Semua (berhenti makan karena mulai curiga): “Apa emm emm?”
Si Penyelamat: “Sebenernya itu dedaunan dari tanaman liar depan kontrakan, yang gue sayur. Niat asalnya sih iseng nyayur daun-daun itu. Tapi setelah tau kalian kelaparan, gue kasih ama kalian deh. Hehehe…”
Semua: “APPPHUAAA!”

Kejadian selanjutnya, untuk menghindari amukan masa, Si Penyelamat geblek pun kabur__________Sedangkan kami, tiba-tiba kehilangan nafsu makan meski masih kelaparan…