Pages

Ads 468x60px

Gunakan Helm Saat Mengendarai Motor!

Saya itu orang yang sangat rewel soal helm. Jika saya mengendarai motor, sedekat apapun jaraknya, saya selalu menggunakan helm. Saya juga sering memaksa orang lain untuk ikut menggunakan helm jika mau saya bonceng. Bukannya apa-apa, tapi saya pernah punya pengalaman selamat dari kecelakaan fatal karena menggunakan helm.

Sayangnya, kebanyakan orang nggak pernah ngerti soal fungsi helm. Dengan berbagai alasan, mereka menolak menggunakannya. Heran, apa harus kecelakaan dulu biar sadar? Nah, dari yang saya perhatikan, ada dua alasan utama mengapa orang-orang sering menolak menggunakan helm (emang ada alasan ketiga sih, tapi nggak usah dipeduliin, cumaorang gila yang ngasih alasan kayak gitu).

Alasan pertama, jaraknya deket, atau masih di dalam lingkungan komplek. Ini alasan paling umum, dan banyak yang memakluminya, termasuk polisi. Salah satu contohnya sering saya lihat di komplek rumah calon istri saya. Di Taman Kopo Indah (nama kompleknya), polisi nggak pernah menilang orang-orang yang nggak pake helm. Nggak peduli sebanyak apapun polisi yang ada di sana (kantor polisinya emang di dalem komplek), orang-orang tetep aja cuek berkeliaran naik motor tanpa helm. Toh polisinya juga diem aja.

Alasan kedua, nggak ada polisi. Nah kalo yang ini jelas alasan goblok. Saya selalu menganggap orang yang nggak pake helm saat naik motor karena alasan ini adalah orang yang bermental koruptor. Taat aturan hanya saat ada yang memantau. Pas nggak ada lagi yang mantau, langsung dilanggar. Kata-kata saya terlalu kasar? Yah, memang. Tapi saya nggak peduli kok. Buat apa saya peduli kepada orang yang bahkan nggak memedulikan keselamatan dirinya sendiri?

Kawan, yang namanya kecelakaan itu nggak peduli jarak, waktu atau lokasi. Nggak peduli ada polisi atau nggak. Musibah (kecelakaan) itu urusan Tuhan. Kita nggak bakalan tau kapan dan di mana terjadinya. Meski harus diakui, helm nggak bakal berguna jika harus berhadapan dengan takdir Tuhan, tapi nggak ada salahnya kan jaga-jaga?

Sebagai penutup, mari kita bermain logika soal helm ini....

Premis 1: Helm berfungsi sebagai pelindung kepala...
Premis 2: Di dalam kepala ada otak...
Kesimpulan: Orang yg nggak menggunakan helm berarti nggak punya otak, karena mereka merasa nggak ada yang harus dilindungi...