Pages

Ads 468x60px

Apa Susahnya Bilang Kampanye?

Pemilihan Gubernur Jawa Barat periode 2013-2018 hanya tinggal menghitung bulan. Saat ini, berbagai spanduk, poster dan baliho sudah terpasang di berbagai tempat. Isinya tak jauh dari membangga-banggakan diri sendiri dan memasang tulisan berbau janji palsu seperti “Selamatkan Jawa Barat” atau semacamnya.

Banar-benar merusak pemandangan sebenarnya. Tapi ya sudahlah. Mau bagaimana lagi, orang-orang Indonesia memang tidak kreatif soal kampanye. Dari zaman Orde Baru sampe sekarang, kampanyenya ya seperti itu saja: memajang wajah narsis di spanduk.

Selain dengan spanduk, salah satu cara kampanye yang paling umum adalah dengan roadshow ke berbagai daerah. Para calon pemimpin itu mendadak berlagak peduli pada rakyat, padahal intinya hanya satu: pencitraan.

Ada satu pernyataan lucu dari Irianto MS Syafiuddin (Kang Yance), calon Gubernur Jawa Barat yang diusung Partai Golkar terkait roadshow ke berbagai daerah ini. Pernyataannya itu adalah...:

“Saya suka nyeri badan jika tidak melakukan roadshow ke daerah-daerah...”

Suka nyeri badan jika tidak melakukan roadshow ke daerah-daerah? WTF?! Alasan macam apa itu? Kalo emang bener itu alasannya, dulu-dulu ke mana aja? Kenapa dulu-dulu nggak ada berita kalo ente nyeri badan gara-gara diem terus di kantor? Bilang kampanye aja susah amat, pake ngasih alasan konyol segala. Emangnya bakal ada yang percaya?

Seperti di bawah inikah kejadian di balik pernyataan tersebut?

Yance: “Dok, saya mau konsultasi dan periksa kondisi tubuh saya. Kenapa yah akhir-akhir ini badan saya sering sakit, pegal, nyeri?”
Dokter: “Oh, baiklah. Silakan duduk di atas ranjang, nanti saya periksa...”

Setelah diperiksa...

Dokter: “Pak Yance, setelah saya periksa, ternyata alasan kenapa badan Anda sering nyeri adalah karena Anda tidak pernah roadshow ke daerah-daerah...”
Yance: “Oh, begitu? Lalu, apa obatnya, Dok?”
Dokter: “Obatnya adalah Anda harus berkeliling Jawa Barat, terutama ke daerah-daerah yang belum terlalu mengenal nama Anda. Jangan lupa, Anda harus melakukannya tiga hari sekali, sesuai petunjuk saya selaku dokter!”

Oke, itu adalah percakapan yang absurd. Saya langsung terpikir, jangan-jangan itu nyeri badan bukan karena tidak melakukan roadshow, namun karena memang sudah dari sananya calon gubernur kita yang terhormat ini mengidap reumatik atau encok.

Satu hal yang aneh, kenapa dia bisa lolos tes kesehatan yah? Ah, tragis sekali warga Jawa Barat, harus punya calon pemimpin yang mengidap encok....


*Referensi: http://bandung.detik.com/read/2012/11/23/115020/2099245/486/yance-ngaku-badannya-sakit-jika-tidak-roadshow-ke-daerah